Permasalahan Seputar CVT Motor Matic

Fenrir.id – Banyak pengguna Motor Matik di Indonesia mencari solusi dengan meningkatkan performa sektor CVT Motor Matic nya, untuk menyesuaikan kondisi rute jalan yang ditempuh dengan gaya berkendara yang berbeda. Upgrade CVT / bahasa gaulnya “Main Kirian” bertujuan agar CVT Motor Matic dapat bekerja dengan lebih maksimal untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Upgrade CVT Motor Matic marak terjadi dilapangan, karena performa Motor Matic bawaan pabrikan dirasa masih kurang mumpuni dan dianggap tidak sempurna dengan berbagai permasalahan yang timbul di kalangan pengguna Motor Matik di Indonesia.

Masalah yang sering dialami pengguna Motor Matik dilapangan adalah, sbb:

  • Masalah gredek / terjadi getaran di bagian CVT  Motor Matic pada saat awalan start, ketika Motor Matic mulai berjalan dari posisi stasioner. Masalah gredek memang tidak terjadi di semua tipe Motor Matik, tetapi masalah gredek sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengguna Motor Matik.
  • Tarikan awalan Motor Matik terasa berat / lemot dan tidak spontan, sehingga kecepatan puncak pada Motor Matik sulit dicapai / tidak maksimal.
  • Performa mesin Motor Matik menjadi lemah dan tidak mendukung pada saat melewati jalanan menanjak, apalagi ketika pada saat berboncengan.

Kebutuhan dan masalah yang dialami oleh pengguna Motor Matik akan berbeda dari satu pengguna dengan pengguna lainnya, karena kondisi geografis dan demografis yang bervariasi akan ikut mempengaruhi, contoh:

  • Pengguna Motor Matik di daerah perkotaan dengan kondisi jalanan padat akan lebih sering mengalami masalah gredek dan lebih membutuhkan torsi di bandingkan tenaga.
  • Berbeda dengan pengguna Motor Matik di daerah perbukitan dan pegunungan dengan kondisi jalanan sepi dan menanjak, tentunya tenaga akan lebih dibutuhkan dibandingkan torsi.
  • Kondisi Motor Matik dalam keadaan standar pabrikan dirasa kurang bagi sebagian pengguna Motor Matik dengan gaya berkendara ekstrim, yang menuntut torsi dan tenaga agar Motor Matic nya dapat dipacu semaksimal mungkin.

Motor Matik yang di produksi masal oleh pabrik mengacu kepada standar yang dirancang secara umum, berbeda dengan Motor Matik untuk balap yang telah di modifikasi sedemikian rupa untuk menyesuaikan sirkuit dan juga gaya pengendaranya. (Fenrir_Engineering)

Sumber: CVT motor matic

Posted in Fenrir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *