Dongkrak Performa Motor Matic Dengan Murah, Mudah, Aman dan Efisien

Setelah bertahun-tahun menjual part2 khususnya untuk motor matic, didapat sebuah kesimpulan ternyata kebutuhan akan peningkatan performa motor matic demikian sangat diburu orang. Hanya saja sejauh ini sepertinya banyak yang belum menemukan hasil yang memuaskan. Padahal berbagai upaya telah dilakukan seperti kerok jalur roller, ubah derajat, gonta ganti berat roller, silang berat, pake roller segitiga dll, tapi hasilnya belumlah optimal sesuai yang diinginkan.

roller plus F4 Fenrir

Untuk menambah kapasitas tenaga secara menyeluruh, pasti kita perlu berbicara sektor mesin sebagai sumber tenaga utama. Bore up dan Swap / Remap ECU pastinya akan mendongkrak tenaga secara signifikan, tetapi tentunya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika solusi ini terkendala modal, maka mari kita fokus ke modifikasi CVT atau yang biasa disebut kirian.

Modifikasi yang dilakukan pada sektor CVT motor matik cukup bervariasi, dari cara yang sederhana hingga yang paling rumit. Modifikasi kirian CVT dengan cara apapun dan biaya sebesar apapun bertujuan hanya untuk memaksimalkan rasio puli CVT primer dan sekunder, agar transmisi CVT dapat bekerja dengan lebih maksimal untuk mengimbangi performa mesin.

Apakah ada cara mudah, murah, aman dan efisien untuk melakukan modifikasi rasio CVT motor matic secara efektif? Tentu saja ada. Berbekal pengalaman di atas, dan juga riset yang dilakukan oleh team kami selama bertahun-tahun pada hampir semua motor matic, akhirnya kami merilisnya ke publik. Produk tersebut kami beri merk Fenrir, dengan kode produk F4 (Performance Roller Plus).

roller plus F4 Fenrir

Apa itu Performance Roller Plus F4?

Performance Roller Plus F4 – Adalah roller CVT set yang sudah dilengkapi dengan ring CVT khusus, dirancang berdasarkan riset untuk memaksimalkan performa kerja dari komponen CVT Motor Matic standar bawaan pabrikan.

Roller CVT Fenrir F4 memiliki berat khusus yang sudah dikalkulasi dan disesuaikan untuk setiap jenis motor, berfungsi untuk meningkatkan responsivitas bukaan variator, bekerja mengimbangi perubahan sudut derajat yang di bentuk oleh ring CVT F4. Sehingga torsi tarikan akan meningkat dan transfer tenaga dari mesin melalui puli primer akan semakin efektif sampai kepada puli sekunder dibagian belakang.

Bagaimana performanya?

Langsung saja kita lihat hasil ujicoba penggunaan roller set fenrir F4 ini dibandingkan dengan standardnya ya. Ujicoba menggunakan mesin dyno pada new nmax. Merah dan pink itu fenrir, sedangkan biru dan biru muda adalah full standard:

Full Standard vs Fenrir

Nampak jelas dari grafik dyno di atas, untuk RPM di bawah 7200 memang tenaga belum keluar maksimal, tpi di atas RPM 7200 mulai si Fenrir F4 ini mendominasi, bahkan nafasnya jadi jauh lebih panjang. Dia masih teriak sampai hampir RPM 8800, padahal standardnya cuma 7800. Otomatis top speed juga pasti meningkat tajam.

karakter ini pas buat yang macet2an atau nyantai di tarikan bawah, karena tenaga masih santuy, tpi ketika ditarik di RPM 7200 ke atas, tenaga langsung keluar hampir 1hp. Denger2 untuk kenaikan 1hp ini kl ganti ECU biayanya bisa 2,5jt lho… jadi kalau dengan harga 78rb, worth banget lah 🙂

Banyak yang kemudian bertanya, bagaimana jika dibandingkan dengan roller yang bentuknya ga bulat itu (sliding), silakan lihat hasil dyno-nya ya:

Sliding Roller vs Fenrir

Bisa dilihat di grafik ya. Di atas RPM 7800 tenaga Fenrir (Biru) mampu mengalahkan tenaganya sliding roller. Max power dan Torsi tetap menang Fenrir, padahal harganya lebih murah 100rb loh hehe…

Masih kurang? Silakan hasil pengecekan konsumen via Dynojet:

Dynojet Fenrir

Dilihat dari grafik di atas, kecepatan maksimum standarnya adalah sekitar 97.5 km/jam dan setelah menggunakan fenrir F4 dan F3, topspeednya menjadi 113 km/jam, atau kenaikan 113 – 97.5 = 15,5 km/jam. Dan maksimum power juga mengalami kenaikan walaupun tidak significant (0.27 Hp).

Testimonial Penggunaan Fenrir:

Bagaimana dengan kualitas dari bahan pembuatnya?

  • Lapisan luar roller CVT terbuat dari bahan thermoplastik polyacetal – Poly Oxy Methylene (POM), soliditas tinggi – tingkat kekerasan yang baik, koefisien gesek rendah dan anti-abrasi.

roller plus F4 Fenrir

  • Ring F4 terbuat dari bahan baja melalui proses blackening: Sangat kuat dan Anti korosif (Dijamin awet selamanya).

Apa Kelebihan Performance Roller Plus Fenrir F4 ini?

  • Merubah rasio puli CVT primer dan sekunder secara seimbang dan menyeluruh (tidak pincang).
  • Menyempurnakan bidang kontak sabuk V-Belt pada puli primer dan puli sekunder (Memperpanjang umur V-belt).
  • Mendongkrak akselerasi Motor Matic secara signifikan dengan tingkat kepadatan torsi yang lebih merata disetiap RPM.
  • Meningkatkan responsifitas pergerakan primary sliding sheave / variator pada puli primer dibagian depan.
  • Memaksimalkan transfer tenaga mesin yang diterima oleh puli CVT sampai ke roda belakang Motor Matic.
  • Hemat BBM (Pemakaian Normal) karena mengurangi hambatan / beban kerja awalan CVT (Lebih enteng diposisi Start and Go).
  • Simpel – Cara instalasi mudah, aman dan tidak beresiko,  karena tidak merubah komponen CVT lainnya.
  • Hemat biaya – Harga terjangkau dan efeknya langsung terasa.

roller plus F4 Fenrir

Bagaimana Cara instalasi Fenrir F4:

Instalasi Roller F4 – Desain Roller CVT dan Variator pada tipe motor Yamaha memiliki kedua sisi yang sama (tinggal pasang), sedangkan Roller CVT pada tipe motor Honda memiliki 2 sisi berbeda, sisi A memiliki peredam (Dumper Side) & B tidak dilengkapi peredam (Non-Dumper Side).

PASTIKAN! Posisi Roller CVT tipe motor Honda tidak terbalik pada saat pemasangan!

roller plus F4 Fenrir

Ilustrasi – Pada kondisi rumah roller/variator berhadapan dengan kita: Semua sisi Roller A yang memiliki dumper / peredam seluruhnya dipasang satu arah, berlawanan dengan arah jarum jam.

Kesalahan pemasangan dapat mengakibatkan roller CVT dan rumah roller /variator menjadi lebih cepat aus karena tergerus akibat tekanan gaya sentrifugal yang terjadi.  Kelalaian servis CVT pun dapat mengakibatkan umur variator dan roller CVT menjadi lebih singkat karena penumpukan residual.

Instalasi Ring F4: Pasang Ring F4 diantara puli kipas (fixed primary sheave) dan bos (bushing) dudukan rumah roller.

roller plus F4 Fenrir

WARNING! Jangan mengencangkan baut CVT Puli depan dengan menggunakan impact wrench, karena dapat membuat drat poros kruk as menjadi aus (selek).

Instruksi Pemasangan Ring F4 di Setiap Tipe Motor:

 


Fenrir F4 Manual

Produk Penunjang Fenrir F4 Performance Roller Plus

Fenrir F3 – Slide Piece / Karet Slider Motor Matic

Slide Piece Fenrir F3

Fungsi Karet Slider adalah untuk menahan gerakan Variator / Rumah Roller ketika bergeser keluar-masuk akibat tekanan dari Roller CVT Motor Matik yang menerima gaya sentrifugal seiring dengan meningkatnya RPM putaran mesin.

Perhatikan! Jika komponen Slide Piece sudah mengalami keausan / rusak, maka umur komponen Roller CVT Motor Matik anda pun akan menjadi semakin pendek, jika dibiarkan maka komponen Tutup Rumah Roller yang bersentuhan langsung dengan Roller pun akan ikut rusak tergerus.

Slide Piece / Karet Slider Fenrir F3:

  • Terbuat dari bahan polimer sintetis berkualitas.
  • Umur masa pemakaian jauh lebih panjang – High Durability.
  • Memiliki kepadatan dengan tingkat kelenturan yang seimbang.
  • Memiliki ketahan yang baik terhadap suhu tinggi di atas rata – rata.
  • Memiliki daya pelumasan yang baik sehingga tahan terhadap gesekan.
  • PNP (Plug & Play) dengan dimensi akurat sesuai dengan standar pabrikan.

Fenrir F5 – 100% Lithium Synthetic CVT Grease – Extreme Temperature

Gemuk CVT Fenrir F5

Grease / Gemuk CVT Motor Matic memegang peranan sangat penting untuk melumasi celah / gap yang terdapat pada komponen CVT yang saling bersentuhan secara tidak langsung dan untuk memberikan perlindungan agar komponen CVT terhindar dari kerusakan / keausan.

Grease / Gemuk Fenrir F5 menggunakan bahan dasar Oli Sintetik (Full Synthetic Base oil) yang masuk kedalam kategori base oil grup 4. Oli Sintetik (Full Synthetic Base oil) terdiri dari bahan kimia Polyalphaolefins (PAO) yang terbuat dari Alfa Olefin melalui proses sintesa kimiawi, sehingga Grease / Gemuk Fenrir F5 terbebas dari kandungan karbon reaktif yang dapat menghasilkan acid atau asam, terbebas dari sulfur, oksigen, dan unsur kandungan logam lainnya.

Kelebihan CVT Grease / Gemuk Fenrir F5 – Extreme Temperature.

  • Full Synthetic Base Oil – Bahan dasar 100% oli sintetis, daya pelumasan stabil (konsisten) karena tersusun dari partikel dan molekular yang cenderung sama.
  • High dropping point (270°C) – Tahan terhadap suhu panas diatas rata – rata (Extreme Temperature).
  • (EP) Extreme Pressure – Durabilitas yang baik terhadap tekanan gaya sentrifugal yang diterima oleh puli CVT.
  • Anti Friction – Aditif khusus membentuk lapisan film untuk mencegah friksi / gesekan antar komponen CVT secara langsung, yang dapat mengakibatkan kerusakan komponen CVT secara prematur.
  • High Durability – Tahan lama dengan umur masa pakai lebih panjang (+/- 8000Km).
  • Low Maintenance – Aditif bekerja aktif mencegah korosi akibat dari oksidasi yang dipengaruhi oleh perubahan suhu udara, menjaga grease / gemuk dari penurunan kualitas dan pembekuan.
  • Heat Absorbtion – Menyerap panas dengan baik untuk memberikan perlindungan kepada komponen karet CVT / rubber seal CVT dari pemuaian.
  • Active Particles – Partikel halus dengan sempurna mengisi celah antar komponen CVT dan memiliki daya lekat maksimal. Mencegah air, gas dan kotoran agar tidak menempel.

Berapa Harga Part Kirian Fenrir (Harga Online)?

  • Fenrir F4 Performance Roller Plus: 78.000,-
  • Fenrir F3 Slide Piece: 28.000,-
  • Fenrir F5 Gemuk CVT: 18.000,-
  • Paket komplit F3-F4-F5: 114.000,- (Hemat 10.000,-)

Apakah bisa jadi Reseller (Bengkel) atau Dropship?

Tentu saja, kami punya produk sendiri, jadi marginnya cukup lebar, silakan klik yang sesuai ya:

Bagaimana cara belinya secara ritel?

Supaya tidak ribet, langsung via marketplace kesayangan masing2 ya:

Pembelian via Marketplace (INGAT Tokonya: Norival Auto Parts):

Berikut daftar pertanyaan yang sering ditanyakan:

Apakah motor maticnya harus standard pabrik?
Iya, karena kita riset di motor standard pabrik. Jadi kalau masih standard, dijamin berfungsi dengan baik.
Modif seperti apa yang tidak disarankan pake fenrir?
Ganti per CVT, cowak rumah roller, ubah derajat
Apa efeknya kalau sudah modif kirian pake Fenrir?
Efeknya kita kurang tau, karena tidak melakukan riset di motor yang sudah dimodif. Bisa enak, bisa juga ga berfungsi. Dicoba saja sendiri, toh tidak mahal juga.
Saya sudah pake sesuai petunjuk, mengapa masih terasa berat tarikan awalnya?
Coba periksa bagian pully belakang, kering ga di pin Pully-nya. Usahakan service dulu cvt biar lebih mulus naik turunnya pulley ketika RPM rendah, sedang maupun tinggi.

Jika ada pertanyaan, saran, kritik, kerjasama, bisa di form berikut ya: