Piringan Cakram dan Kampas Rem Bajaj Pulsar

Piringan Cakram dan Kampas Rem Bajaj Pulsar

Hello Bro, masih setia dengan motor Pulsarnya kan? Nah mungkin salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah peremajaan dalam bagian pengereman, karena kita tau hal ini adalah sistem yang sangat penting. Dicek saja kondisi piringan cakramnya, apakah sudah tipis, atau sudah bergelombang. Tentu ini sangat berbahaya mengingat tidak optimalnya fungsi pengereman jika piringan sudah banyak kemakan, bahkan bisa sampai bengkok dan patah. Jika terjadi seperti ini dalam kondisi berjalan dan kecepatan tinggi, tentu akan sangat berbahaya.

Kami, Norival Auto Parts yang sudah lama berjualan part khususnya untuk motor bajaj pulsar ini, punya 2 komponen yang akan membuat sistem pengereman tetap prima. Dan harganya juga tidak mahal.

Yang pertama adalah piringan cakram merk Fenrir dengan kualitas selevel ori grade 1. Ketebalan 4mm (walaupun di tulisannya 3mm). Stok dan harganya adalah sebagai berikut:

  • Piringan cakram depan Pulsar 200NS: 375rb
  • Piringan cakram belakang Pulsar 200NS/P220: 350rb
  • Piringan cakram depan Pulsar 220/P200/P180UG4: 275rb

Silakan amati penampakannya ya gan

Lebih jelas 360 derajat bisa lihat videonya gan:

Berminat? Nah jika sudah punya piringan cakram yang bagus, supaya bekerja secara optimal dan ketebalan terjaga, maka gunakan kampas rem yang memang berkualitas. Pengereman pakem dan tidak memakan cakram. Jadi penggantian berikutnya ya hanya kampas remnya saja, dan itupun bisa sampai 1 tahun baru ganti. Kampas remnya apa lagi kalau bukan merk Elig. Jika ingin info lebih tentang Elig, silakan berkunjut ke link berikut. Adapun harganya sebagai berikut:

  • Kampas rem depan cakram Pulsar All Type: 90rb
  • Kampas rem belakang cakram Pulsar 200NS / P220: 90rb

Berikut penampakan dari kampas rem Elig buat cakram Pulsar:

Kampas Rem Depan Cakram Pulsar

Kampas Rem Depan Cakram Pulsar

Kampas Rem Belakang Cakram Pulsar

Kampas Rem Belakang Cakram Pulsar

Pembelian via Marketplace saja ya gan

Pembelian cakram Pulsar:

Pembelian kampas rem Elig Pulsar:

Selamat Berbelanja… 🙂

Permasalahan Seputar CVT Motor Matic

Fenrir.id – Banyak pengguna Motor Matik di Indonesia mencari solusi dengan meningkatkan performa sektor CVT Motor Matic nya, untuk menyesuaikan kondisi rute jalan yang ditempuh dengan gaya berkendara yang berbeda. Upgrade CVT / bahasa gaulnya “Main Kirian” bertujuan agar CVT Motor Matic dapat bekerja dengan lebih maksimal untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Upgrade CVT Motor Matic marak terjadi dilapangan, karena performa Motor Matic bawaan pabrikan dirasa masih kurang mumpuni dan dianggap tidak sempurna dengan berbagai permasalahan yang timbul di kalangan pengguna Motor Matik di Indonesia.

Masalah yang sering dialami pengguna Motor Matik dilapangan adalah, sbb:

  • Masalah gredek / terjadi getaran di bagian CVT  Motor Matic pada saat awalan start, ketika Motor Matic mulai berjalan dari posisi stasioner. Masalah gredek memang tidak terjadi di semua tipe Motor Matik, tetapi masalah gredek sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengguna Motor Matik.
  • Tarikan awalan Motor Matik terasa berat / lemot dan tidak spontan, sehingga kecepatan puncak pada Motor Matik sulit dicapai / tidak maksimal.
  • Performa mesin Motor Matik menjadi lemah dan tidak mendukung pada saat melewati jalanan menanjak, apalagi ketika pada saat berboncengan.

Kebutuhan dan masalah yang dialami oleh pengguna Motor Matik akan berbeda dari satu pengguna dengan pengguna lainnya, karena kondisi geografis dan demografis yang bervariasi akan ikut mempengaruhi, contoh:

  • Pengguna Motor Matik di daerah perkotaan dengan kondisi jalanan padat akan lebih sering mengalami masalah gredek dan lebih membutuhkan torsi di bandingkan tenaga.
  • Berbeda dengan pengguna Motor Matik di daerah perbukitan dan pegunungan dengan kondisi jalanan sepi dan menanjak, tentunya tenaga akan lebih dibutuhkan dibandingkan torsi.
  • Kondisi Motor Matik dalam keadaan standar pabrikan dirasa kurang bagi sebagian pengguna Motor Matik dengan gaya berkendara ekstrim, yang menuntut torsi dan tenaga agar Motor Matic nya dapat dipacu semaksimal mungkin.

Motor Matik yang di produksi masal oleh pabrik mengacu kepada standar yang dirancang secara umum, berbeda dengan Motor Matik untuk balap yang telah di modifikasi sedemikian rupa untuk menyesuaikan sirkuit dan juga gaya pengendaranya. (Fenrir_Engineering)

Sumber: CVT motor matic

Sejarah Singkat Teknologi CVT – Continuous Variable Transmission

Fenrir.idAnda pasti terkejut! Bahwa Teknologi Continuous Variable Transmission – CVT yang digunakan pada Motor Matik (CVT motor matic), ternyata lahir dari ide seniman hebat Leonardo Da Vinci yang pertama kali membuat sketsa dasar dari suatu alat mekanis dengan nama Transmisi Nu Vinci pada tahun 1490.

CVT Motor Matic

Transmisi Nu Vinci 1490 – Leonardo Da Vinci.

Walaupun fisik dari sketsa Transmisi Nu Vinci tidak pernah dibuat oleh Leonardo Da Vinci, sketsa Nu Vinci menjadi ide dasar dari Teknologi Transmisi CVT yang pertama kali di patenkan oleh Benz dan Daimler (Jerman) pada tahun 1886. Kemudian seiring berjalannya waktu, pada tahun 1930, GM–General Motors melakukan riset dan mengembangkan Teknologi Toroidal CVT.

CVT Motor Matic

GM–General Motors – Teknologi Toroidal CVT

Setelah 468 tahun kemudian, terhitung semenjak sketsa Transmisi Nu Vinci yang menjadi dasar ide dari Teknologi CVT dibuat pada tahun 1490, tepatnya di tahun 1958: Transmisi CVT untuk pertama kalinya diciptakan dengan menggunakan sabuk V-Belt oleh Hubert Jozef (“Hub”) van Doorne. Teknologi Transmisi Van Doorne diberi nama Variomatic dan diaplikasikan kepada kendaraan mobil DAFVan Doorne’s Automobiel Fabriek (Netherlands) untuk menggerakkan mesin 0.6 L.

CVT Motor Matic

Mobil DAF 1958 – Variomatic – Teknologi CVT pertama kali pada kendaraan dengan menggunakan sabuk V-Belt.

Teknologi CVT terus berkembang dari tahun ke tahun dan kemudian di Tokyo pada tahun 1987: Untuk pertama kalinya teknologi ECVT – Electronic Continuous Variable Transmission diperkenalkan melalui mobil Subaru Justy yg di rilis dengan menggunakan teknologi ECVT: Yaitu adalah teknologi CVT dengan sistem kerja yang sudah diatur secara elektronik, dari hasil riset yang dikembangkan oleh perusahaan Fuji Heavy Industries. Setahun kemudian (1988), Subaru Justy dengan teknologi ECVT kembali dirilis dengan versi berpenggerak empat roda.

CVT Motor Matic

Mobil Subaru Justy 4WD 1988 – teknologi ECVT – Electronic Continuous Variable Transmission – Fuji Heavy Industries.

Pada waktu bersamaan di berbagai belahan bumi lainnya, perusahaan Ford Amerika dan Fiat Italia merilis CVT yang menggunakan sabuk dari material baja – Steel Belts. Ford menerapkan teknologi Steel Belts kepada unit Mobil Ford Fiesta dan Fiat mengaplikasikan teknologi Steel Belts kepada unit Mobil Fiat Uno yang juga menjadi mobil pertama di Eropa dengan sistem transmisi CVT.

CVT Motor Matic

Mobil FIAT Uno 1987 – Steel Belts CVT: Teknologi CVT dengan sabuk yang menggunakan material baja.

Memasuki era 90-an, Nissan bersama dengan Fuji Heavy Industries kembali mengembangkan Teknologi High Torque CVT di tahun 1992, yang kemudian diberi nama N-CVT – Nissan Continuous Variable Transmission: Yaitu adalah teknologi CVT yang dilengkapi dengan konverter torsi, sehingga memungkinkan untuk menghasilkan lebih banyak torsi dan tenaga.

Teknologi N-CVT – Nissan Continuous Variable Transmission dengan konverter torsi – High Torque CVT – 1992

Memasuki abad ke 21: Transmisi CVT terus disempurnakan seiring dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat. Saat ini Teknologi CVT telah banyak diaplikasikan dan menjadi teknologi andalan di berbagai jenis kendaraan seperti mobil dan skuter modern, termasuk dengan kendaraan Motor Matic yang anda gunakan.

Sumber: Fenrir Engineering – CVT Motor Matic

Slide Piece – Kecil dan Jarang diperhatikan – Padahal Sangat Penting

Slide Piece – Kecil & Jarang diperhatikan – Padahal Sangat Penting

 

Slide Piece yang biasa disebut sebagai Karet Slider, pada umumnya terbuat dari bahan plastik campuran dan terletak pada komponen Tutup Rumah Roller.

Fungsi Karet Slider adalah untuk menahan gerakan Variator / Rumah Roller ketika bergeser keluar-masuk akibat tekanan dari Roller CVT Motor Matik yang menerima gaya sentrifugal seiring dengan meningkatnya RPM putaran mesin.

Perhatikan! Jika komponen Slide Piece sudah mengalami keausan / rusak, maka umur komponen Roller CVT Motor Matik anda pun akan menjadi semakin pendek, jika dibiarkan maka komponen Tutup Rumah Roller yang bersentuhan langsung dengan Roller pun akan ikut rusak tergerus.

Ciri – ciri Slide Piece Motor Matik mulai rusak/ aus:

  • Timbul suara kasar pada komponen Puli Primer di bagian depan pada saat mesin motor matik dalam keadaan stasioner / idle.
  • Suara akan terdengar lebih kasar ketika Motor Matik berakselerasi dan pada saat dekselerasi.
  • Performa Motor Matik akan menurun, karena distribusi tenaga putaran mesin menjadi tidak maksimal.

Suara kasar disebabkan oleh komponen Slide Piece yang sudah aus dan tidak lagi menjepit komponen Tutup Rumah Roller, sehingga pergerakan Roller menjadi tidak seimbang / pincang pada saat bersentuhan dengan permukaan Tutup Rumah Roller dan akan menghasilkan suara kasar akibat dari getaran yang terjadi.

Pengguna Motor Matik pada umumya jarang melakukan servis dan mengecek komponen CVT secara menyeluruh jika tidak mengalami kendala. Jangan tunggu sampai masalah besar timbul, hanya karena komponen Slide Piece / Karet Slider yang terlihat kecil sering luput dari perhatian.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti Slide Piece Motor Matik anda?

Ganti slide piece / karet slider bersamaan pada saat penggantian Roller!

Pastikan komponen Slide Piece yang anda gunakan memiliki kualitas material yang baik, karena Slide Piece / Karet Slider akan menerima beban kerja yang cukup berat dan menjadi tumpuan ketika rumah Roller bergeser keluar-masuk untuk mengimbangi putaran mesin yang diterima oleh puli primer.

Slide Piece / Karet Slider Fenrir F3:

  • Terbuat dari bahan polimer sintetis berkualitas.
  • Umur masa pemakaian jauh lebih panjang – High Durability.
  • Memiliki kepadatan dengan tingkat kelenturan yang seimbang.
  • Memiliki ketahan yang baik terhadap suhu tinggi di atas rata – rata.
  • Memiliki daya pelumasan yang baik sehingga tahan terhadap gesekan.
  • PNP (Plug & Play) dengan dimensi akurat sesuai dengan standar pabrikan.

Slide Piece Fenrir F3:

  • F3 – SH1
    Beat Carbu, Scoopy Carbu, Spacy Carbu, Vario 110 Carbu, Beat FI, Beat esp FI (K16), Beat Pop (k44), Vario 110 LED (All Honda Matic 110cc)
  • F3 – SH2
    Vario 125, Vario 150, Vario 125 LED, Vario 150 LED, PCX 125 Built Up, PCX 150 Built Up, PCX 150, PCX 160, ADV 150
  • F3 – SY1
    Nouvo, Mio Sporty, Mio Smile, Mio J, Mio GT, Mio M3, Mio Z, Mio 125, Fino, X Ride, Xeon, Xeon RC, Freegoo, Lexi, Soul GT 125, Aerox 155, N Max 155

Pembelian via Marketplace (INGAT Tokonya: Norival Auto Parts):

Pastikan komponen Slide Piece yang anda gunakan BERKUALITAS!

aksesoris aerox

Pilihan Part dan Aksesoris Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox adalah motor yang memang sudah ganteng dari sononya. Hanya saja karena minat orang sama, di jalanan kamu akan sering sekali bertemu dengan kembaran 100% motor kamu. Pernah berfikir untuk membuatnya berbeda? Mungkin beberapa part dan aksesoris yamaha aerox ini membuat motor kamu berbeda baik dari segi penampilan ataupun performanya.

Spion Pulsar 200NS

Ini memang spion orinya pulsar 200NS, tpi bukan rahasia lagi kalau spion ini laku untuk berbagai jenis motor, termasuk ya Aerox ini. Dan kabar baiknya, spion ini pnp alias tinggal plek ke Yamaha Aerox, karena baik ukuran baud maupun arah putaran pas pasang, sama persis, tidak perlu ada yang diubah.

Spion Aerox 155
Spion Aerox 155
Continue reading

Spare Part dan Aksesoris NMAX

Yamaha NMAX memang motor yang ganteng dan kenceng, tapi tentu kamu ingin lebih dibandingkan NMAX yang lain bukan? Nah, Norival Auto Parts – Online sejak 2013 telah secara konsisten menyediakan part dan aksesoris khususnya untuk NMAX ini. Silakan simak satu persatu ya gan, semoga ada yang cocok:

Piringan depan dan belakang

Yang pertama dan terutama adalah piringan cakram depan dan belakang. Bagaimana tidak, produk yang satu ini kini dijual dengan harga yang terpaut 10-20rb saja dari orinya. Padahal secara kualitas tentu jauh di atas ori. Bajanya tebal dan asli. Harga normal adalah 400rb depan, dan 410rb belakang. Kini hanya 270rb depan dan 280rb belakang. Ayo buruan, keburu kehabisan ya ….

Kampas rem depan dan belakang NRS

Produk kedua yang juga lagi diskon besar adalah kampas rem depan dan belakang NMAX merk Elig NUCAP (NRS). Kampas ini kualitasnya di atas kampas standard Elig, khusus buat kamu yang membutuhkan kemampuan advanced, titik pengereman yang lebih dekat (lebih pakem), lebih tahan terhadap panas. Hanya secara umur tentu saja lebih pendek dibanding yang Standard, tapi hal ini terbayar oleh kemampuannya khusus bagi anda yang senang kebut-kebutan, touring jarak jauh, dll.

Kampas rem depan belakang standard

Kampas rem Elig NMAX ini adalah level standard, di bawah NRS, tapi secara kualitas tidak usah diragukan lagi. Kualitas kampas rem Elig standard ini di atas ori dengan keawetan 2-3x ori (bahkan banyak yang tahan sampai 2 tahun), pakem di berbagai cuaca dan tidak makan cakram. Info lengkap tentang Kampas Rem Elig di sini ya.

Kopling ganda

Kopling ganda bertanggung jawab untuk transmisi tenaga dari mesin ke roda. Kalau kampas ganda kualitasnya jelek, tentu saja mesin yang gahar ga ada artinya karena roda tidak akan mampu berlari kencang. Nah kopling ganda merk Elig ini adalah solusinya. Bahan kevlarnya akan mampu membuat transmisi tenaga lebih sempurna, tanpa ada selip-selip dan gredek-gredek.

Kopling Ganda Yamaha Aerox 155
Kopling Ganda Yamaha Aerox 155
Kopling Ganda Yamaha Aerox 155

Spion Pulsar 200NS

Dengan spion ini kamu akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Pertama adalah fungsi spion yang optimal, karena gambar yang jernih, ukuran yang lumayan besar sehingga jelas terlihat apa yang ada di belakang motor kita. Kemudian keuntungan yang kedua adalah membuat tampilan motor NMAX kamu pun akan terlihat lebih gagah dengan spion yang dibalut karet dari atas sampai bawah, sehingga tidak ada batang besi terlihat dari luar, yang tentu saja ini menghindari dari karat yang akan merusak fungsi dan penampilan. Info lebih lanjut tentang spion ini, klik di sini ya.

Roller dr. pulley

Ajaib juga dengan barang yang satu ini. Tanpa modif bagian lainnya, hanya mengganti roller bulat dengan roller dr. Pulley ini, motor langsung melesat. Performanya jauh meningkat.

Spesifikasi & Fungsi Sliding Roller Dr.Pulley

  • Meminimalis pergerakan abnormal roller pada variator.
  • Terbuat dari bahan teflon self lubricant dengan kode SL9T yang mengandung pelumas, sehingga ketika terkena gesekan akan lebih enteng dan jauh lebih awet.
  • Meningkatkan performa motor dari segi torsi untuk memaksimalkan TOP SPEED motor matic.
  • Berbeda dengan roller original, Sliding Roller DR.Pulley dengan bentuk Silindris mengoptimalkan kinerja Naik Turun Roller pada Variator agar tidak bergerak melebihi variator.

Sliding Roller Dr.Pulley SR2012 Digunakan Untuk Motor: Nmax – Aerox – Lexi – Xeon – Mio M3, Tersedia dengan Berat (Gram): 9gr, 10gr, 11gr, 12gr. Info lebih lanjut tentang Roller Dr. Pulley klik di sini ya.

Roller Dr. Pulley Aerox
Roller Dr. Pulley Aerox
Roller Dr. Pulley Aerox

Jet Ranger

Seperti kita ketahui, tenaga dihasilkan dari pembakaran bensin oleh oksigen dari udara yang masuk. Normalnya, udara masuk satu arah lurus dari filter udara melewati selang udara. Nah, jet ranget didesain khusus sehingga udara yang masuk itu melewati alat seperti baling-baling ini. Tapi ini tidak berputar ya, hanya udaranya saja yang kemudian berputar seperti angin puting setelah melewati Jet Ranger ini. Dan hasilnya sudah bisa ditebak, semakin banyak bensin yang terbakar sehingga tenaga semakin besar dan mengurangi kerak yang timbul akibat bensin yang tidak terbakar sempurna. Info lebih lengkap tentang Jet Ranger klik di sini ya.

Jet Ranger Yamaha Aerox

Sambungan Spakbor NMAX

Pernah memeriksa kolong motor di belakang ban depan? Sering kotor bukan? Itu karena spakbor bawaannya relatif pendek, sehingga lumpur atau kotoran lain masih menyiprat dan membuat body motor belepotan. Nah, sambungan spakbor NMAX ini fungsinya adalah mengurangi kotoran itu menyiprat. Nama lainnya Mud flap, Mud guard atau kepet / cepet. Dan satu kelebihan lainnya, ternyata motor NMAX kamu bisa lebih cantik lho dengan penggunaan Mud Flap NMAX ini. Info lebih lanjut klik di sini ya.

Norival Gold, DragRace, Drag Evo

Ingin mesin motor NMAX kamu tetep bersih sehingga terhindar dari penyumbatan injektornya? Pakelah additif yang sudah terbukti sejak 2011, yaitu Norival. Ya NORIVAL, bukan produk sejenis yang rame karena MLM tapi belakangan muncul keluhan sampai harus pada turun mesin karena yang dikejar bonus semata. Norival ini lahir dari komunitas Rider yang memang cinta akan performa mesin. Dari 2011 sampai sekarang masih tetap exist. Info lebih lanjut klik di sini ya.

Ada 3 type Norival yang cocok untuk NMAX, yaitu:

  • Norival Gold: Norival Gold lebih enak di putaran tengah-tinggi (top speed mantap, kecepatan tinggi dominan, luar kotaan), hemat 20-40%
  • Norival Dragrace: Norival Drag Evo enak di semua putaran bawah-tengah-tinggi (top speed & akselerasi mantap, luar & dalam kota), hemat 20-40%
  • Norival Drag Evo: Norival Drag Evo enak di semua putaran bawah-tengah-tinggi (top speed & akselerasi mantap, luar & dalam kota), hemat 20-40%

Norival Gold - Aerox
Norival Dragrace - Aerox
Norival Drag Evo - Aerox

Mau Diskon?

Selain promo pemotongan harga di atas, jika ingin mendapatkan diskon lagi, penawaran produk menarik, promo dll, silakan isi email kamu di form bagian bawah dengan judul “Mau Diskon?”. Kami akan mengirimkan promo2 melalui email.

Informasi Pembelian

Untuk melakukan order, kami merekomendasikan via tokopedia yang bersifat rekening bersama. Ini linknya:

Info Lainnya Via WA (tidak telpon):

chat via WA

Peningkat Kualitas BBM Norival VS Merk Lain, Pilih Mana ??

Setelah lebih dari 5 tahun berjualan Norival, lambat laun makin paham dengan berbagai kelebihan dari Norival itu. Memang beberapa tahun belakangan ini sempat sepi, yaitu saat harga bensin terbilang murah, terlebih perbedaan harga premium dan pertamax lumayan tipis, dan juga hadirnya Pertalite semakin membuat para pencari penghemat BBM merasa nyaman dengan harga yang ada. Tapi tidak demikian dengan para pencari torsi / tenaga kuda, mereka TETAP menggunakan Norival, apapun bensin/solar yang dia gunakan.

Saat ini, harga bensin non subsidi mengalami kenaikan beberapa rupiah saja, tapi efeknya mulai memicu Norival untuk rame kembali. Banyak orang yang kembali bertanya-tanya stok, harga dan juga langsung beli. Hmm sudah saatnya untuk kembali merapihkan stok dan barisan. Dan tidak lupa untuk mengecek perkembangan dari para kompetitor yang datang dan pergi. Dan ternyata, ada satu yang terlihat lumayan booming dan jujur saja, saya pernah ditawari produk ini oleh 2 orang yang berbeda, dan setelah saya analisa, kualitasnya jauh di bawah norival, terutama untuk hal-hal yang sebenarnya cukup krusial.Continue reading

Kualitas Solar Jelek? Jangan Ambil Resiko

Mesin diesel, apalagi dengan teknologi terbaru Common Rail, tentu akan sangat rentan kalau kualitas solar yang menjadi asupannya jelek. Tapi tidak usah khawatir, karena Norival memberikan solusi terbaik sejak tahun 2011 sampai detik ini.

Untuk membahas hal ini, silakan terlebih dahulu lihat hasil lab sample solar murni di tab pertama.

Continue reading

norival penghemat bbm

Harga BBM Naik? Norival Punya Solusi Sejak 2011

Sudah agak lama kita tidak mendengar harga BBM naik, tpi akhir-akhir ini ko mulai terdengar lagi ya, sampai beberapa kali. Sebetulnya yang naik itu adalah BBM Non Subsidi yaitu pertalite dan pertamax. Mengapa pertalite dan pertamax ini naik? Abaikan alasan lain, kita hanya lihat harga minyak mentah dunia. Mari kita lihat gambar berikut:

harga bbm naik
Terlihat bahwa harga minyak dunia per Maret 2018 ini hampir menyentuh $66 dan ini adalah nilai tertinggi sejak kejatuhannya di tahun 2014. Dan kalau diperhatikan trendnya, kemungkinan besar akan terus melanjutkan trend bullish. Maka jangan heran kalau ke depan akan naik dan naik lagi. Semoga saja tidak ya, Aamiin …

Bagi saya pribadi, ga terlalu terbebani lagi dengan urusan harga bensin, sejak saya mengenal Norival. Memang sebelum 2012 saya berat sekali karena harus selalu isi pertamax plus untuk ukuran mobil yang lumayan boros. Tpi sejak saya menggunakan Norival di tahun 2012 sampai sekarang, saya sangat terbantu sekali. Baiklah dalam artikel ini saya akan mengupas pengaruh Norival khusus terhadap bensin. Sedangkan bagi anda pengguna mesin diesel, bisa lihat kupasan saya di artikel tentang kualitas solar.

Untuk siapa artikel ini diperuntukkan? Bagi mereka yang mengalami hal ini:

  1. konsumsi bensin terasa boros, sementara harga semakin tinggi
  2. di kotanya hanya ada premium, padahal rasio kompresi kendaraan tinggi
  3. tenaga dan akselerasi loyo walaupun yang digunakan adalah bensin mahal
  4. pada kecepatan rendah, beban ringan kendaraan enak dipake, tpi pas kecepatan tinggi, beban berat, medan tanjakan ko jadi ngeden, padahal sudah pake bensin mahal juga.
  5. mobil kadang tersendat-sendat, knocking (ngelitik), sering nembak, asap knalpot pedih, bau menyengat dll.

Jika hal-hal di atas anda rasakan pada kendaraan anda, maka sebenarnya norival sudah memiliki solusinya sejak tahun 2011. Maka wajar penggunanya pun sudah ribuan orang. Berikut solusi yang diberikan Norival (Jika ada istilah yang masih awam, nanti dijelaskan di bagian bawah):

  1. hemat bensin 20-40%, ini berdasarkan testimoni para pengguna setia Norival
  2. Norival bisa digunakan untuk semua jenis bensin, hanya mainin dosisnya saja
  3. Norival terbukti meningkatkan torsi dan tenaga kuda pada kendaraan.
  4. Norival tidak hanya meningkatkan RON, tpi juga real tenaga, yaitu MON.
  5. Perlahan tapi pasti, ruang bakar akan bersih, soalnya kerak2 karbon yang ada akan dibuang lewat knalpot.

Untuk mendukung 5 fakta di atas, maka mari kita lihat hasil tes lab Norival di PT Petrolab:

Dari hasil lab di atas, bisa dijelaskan mengapa Norival yang terbaik:

  1. Ada hasil lab sebelum dan sesudah Norival diteteskan ke dalam premium. Kalau yang ada cuma hasil sesudah diteteskan, ya gimana mau ngambil perbandingannya, atau mau mengklaim produk ini memilik efek positif ?? Tapi lucunya, banyak produk sejenis mengklaim yang terbaik, tapi ga pernah memberikan hasil perbandingan sebelum dan sesudah digunakan.
  2. Perhatikan di hampir pojok kanan atas, ada kalimat “Overall Analysis Result” dan tertera hasilnya “Normal“. Itu artinya hasil test lab baik-baik saja. Nah kalau mau membandingkan dengan produk lain, lihat hasil itu ada atau tidak. Banyak saya temukan hasilnya tidak ada tulisan apa-apa, ko bisa? kalau tidak ada tulisan Normal, jangan2 ga Normal lagi hehe… Dipastikan kalau di sana tidak ada hasilnya, ya berarti dihapus hasilnya. Untuk melacak penjelasannya dari status ini, lanjut ke nomor 3.
  3. Silakan melihat di bagian bawah, yaitu di Keterangan. Tertera tulisan: “Hasil analisa Normal“. Nah ini senada dengan status di nomor 2. Kalau tulisannya tidak “Normal”, maka ketidaknormalannya itu dijelaskan di kalimat di keterangan itu. Biasanya sih karena kadar-kadar yang diuji nilainya di bawah yang seharusnya.
  4. Berikutnya lihat hasil analisa, yaitu Research Octane Number (RON). Hasil test lab Norival jelas terlihat angka 88,7 untuk premium murni dan 92,5 untuk premium+Norival Gold (Norival level terbawah saat ini). Artinya terjadi kenaikan 3,8 poin dan di atas pertamax yang katanya RON-nya 92. Tpi, hasil ini di hampir semua produk juga bagus, karena bagi mereka inilah acuan keberhasilan dari produknya. Ya, oktan (RON) naik, maka produk dijamin bagus. Padahal… kalau kita lempar kapur barus saja ke bensin, dijamin oktan juga naik. Dan ini sudah menjadi rahasia umum, kalau ingin harga murah, mesin bertenaga, pake saja kapur barus. Cuma yang jadi masalah, pertama apakah secara jangka panjang aman? dan yang kedua, fungsi kapur barus itu adalah meningkatkan titik bakar, sehingga terhindar dari knocking. Akibatnya memang pembakaran jadi lebih sempurna dan tenaga juga lebih besar, tpi apakah kapur barus memberikan efek peningkatan tenaga? nah ini yang tidak dimiliki kapur barus, atau produk2 lain yang hanya RON-minded. Hasilnya, kalau kecepatan rendah, beban ringan, medan lurus2 saja, mesin terasa enak, tapi coba pacu di kecepatan tinggi, beban berat, medan tanjakan, apakah enak juga? kebanyakan sih loyo, termasuk bensin mahal juga loyo, karena sekali lagi, yang jadi acuan adalah RON dan bukan MON.
  5. Lanjutkan ke poin Motor Octane Number (MON). Kalau RON itu diuji pada kecepatan rendah, beban ringan dan medan normal, sedangkan MON itu diuji pada kecepatan tinggi, beban berat dan medan sulit spt tanjakan. Jadi sebenarnya real tenaga itu ada di MON, dan bukan RON. Cuma di Indo saja yang pake RON sebagai acuan, di luar sana sudah pada pake MON atau gabungan RON+MON yang disebut AKI. Terlihat bahwa MON Premium itu 79.5 dan premium+norival gold itu 83,5. terjadi peningkatan 4 poin, padahal pertamax saja cuma 80,6. Ini artinya Norival mampu memberikan tambahan REAL tenaga pada bensin yang dicampurkan. Sementara produk-produk lain, rasanya belum pernah ada yang menyertakan hasil uji MON ini. Maka, tau sendiri dong bagaimana gaharnya Norival ini. Cek saja di kecepatan tinggi, beban berat dan medan tanjakan. Dijamin ga loyo dan tetap gahar.
  6. Selanjutnya masuk ke kadar kandungan zat yang ada di dalamnya, khususnya Gum (getah) dan Sulfur (Belerang). Ini adalah 2 zat yang berbahaya seandainya berlebih. Kebayang kan kalau getah di dalam bensin berlebih, pasti lengket lah dan pompa bensin terancam jebol, pembakaran bakal meninggalkan kerak, karena getah itu pasti terbakar. Demikian juga sulfur yang berlebih, akan mengakibatkan timbulnya endapan dan membuat keropos tangki bensin. Nah Norival ini ternyata tidak menambah unsur Gum (tetap 1,5 dari typical max 5) maupun Sulfur (tetap 125ppm dari typical max 500). Artinya Norival AMAN, dan buktinya orang dari 2011 sudah dipake ko, sampai sekarang tetaplah aman sentausa.

Nah itulah beberapa penjelasan empiris mengapa Norival punya solusi untuk meningkatkan kualitas BBM. Kalau tentang testimoni, sudah pasti bejibun, orang dari 2011 sudah pada pake ko. Baca saja beberapa di antara testimonial Norival.

Keuntungan menggunakan Norival:

  • Nilai oktan ( RON) naik dari 88 sampai minimal 92,5
  • Nilai MON (Motor Octane Number) naik dari 79,5 sampai minimal 83,5
  • Meningkatkan nilai kalor sehingga lebih bertenaga
  • Mengandung Efek pelumasan sehingga mesin lebih ringan
  • Mengandung katalisator suhu sehingga terhindar dari overheat
  • Membersihkan kerak karbon secara perlahan dari ruang pembakaran
  • Mesin jadi awet, getaran mesin lebih halus
  • Hemat BBM 20-40%

Lantas produk Norival mana yang cocok untuk mobil Anda? Untuk mesin bensin, ada 3 pilihan, yaitu:

1. Norival Gold

Gold

Spesifikasi khusus Norival Gold:

  • Untuk Kompresi mesin di bawah 10:1
  • Semua jenis tipe mesin yang menggunakan BBM gasoline.
  • Lebih enak di putaran tengah-tinggi (top speed mantap, kecepatan tinggi dominan, luar kotaan).

2. Norival Dragrace

Drag

Spesifikasi khusus Norival Dragrace:

  • Untuk Kompresi mesin 9-11,5:1
  • Semua jenis tipe mesin yang menggunakan BBM gasoline.
  • Menggunakan teknologi terbaru Norival Perfectum Catalysator ( NPC )
  • Lebih fokus pada peningkatan torsi, sehingga akselerasi mantap, lebih cocok untuk kendaraan matic, jalan tanjakan, stop and go, dalam kota.

3. Norival Drag Evo

Norival Drag Evo

Spesifikasi khusus Norival Drag Evo:

  • Inilah Produk Ultimate Norival yang bisa dinikmati untuk kendaraan level harian.
  • Untuk Kompresi mesin 10-11,8:1
  • Semua jenis tipe mesin yang menggunakan BBM gasoline.
  • Enak di semua putaran mesin: bawah-tengah-tinggi (top speed & akselerasi mantap, luar & dalam kota).

Itulah 3 produk Norival yang bisa dicampurkan ke bensin. Adapun bensin yang digunakan boleh apa saja (premium, pertalite ataupun pertamax), tinggal mainin dosis saja.

Dosis penggunaan Norival:

Utk motor:

  • premium: 2 tetes perliter
  • pertalite: 3 tetes per 2 liter
  • pertamax: 1 tetes perliter

Utk mobil:

  • premium: 1ml untuk 15 liter
  • pertalite: 1ml untuk 22,5 liter
  • pertamax: 1ml untuk 30 liter

Dosis ini hanya panduan awal sja, kalau ternyata blm terasa efeknya, dosis bisa ditambah, tpi kalau mulai terasa berat, dosis bisa dikurangi.

Norival adalah herbal, kelebihan atau kekurangan dosis tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin, hanya akan berasa berat di tarikan sja, dan inipun sementara, akan normal kembali setelah dosis disesuaikan.

Bagaimana Anda berminat? Untuk pembelian, bisa klik link Order Norival. Info lebih lanjut, bisa WA di 0815 11111 391. Makasih …

Tips Membeli Mobil Bekas

Ingin Mesin Sehat dan Awet? Ini Triknya

Ruang bakar dalam mesin, kalau dianalogikan ada sedikit banyak persamaan dengan perut. Seperti perut, kalau salah makan, akan banyak penyakit yang ditimbulkan darinya. Begitu juga mesin kendaraan, kalau asupan bahan bakarnya ga sesuai, cepat atau lambat akan ada bahkan banyak penyakit yang ditimbulkannya.

Bagaimana supaya kondisi mesin tetap sehat? Padahal mungkin anda tidak punya banyak waktu untuk service kendaraan. Mudah saja gan, saya sendiri sudah 6 tahun lebih melakukannya dan sejauh ini tidak ada penyakit mobil yang disebabkan oleh mesin, paling seringnya kaki-kaki dan AC, padahal mobil sudah pernah ganti. Caranya? Pakailah NORIVAL. Ya Norival, peningkat kualitas bensin/solar ini sudah hampir 8 tahun terbukti pada ribuan penggunanya dan teruji dengan hasil memuaskan pada lab independen (PT Petrolab). Silakan cek tentang pengujian Norival. Atau kalau ingin kupas tentang hasil labnya, bisa baca Norival vs Merk Lain.Continue reading

Mobil Avanza/Xenia Anda Ngelitik? Ini Solusinya

Setelah baca-baca tentang penggunaan mobil Avanza/Xenia, ternyata keluhan yang paling banyak adalah adanya bunyi ngelitik pada bagian mesin. Awal penggunaan memang tidak terdengar, tapi setelah 3 tahun, pasti bunyi itu muncul. Mobil Avanza/Xenia anda juga begitu? Berikut salah satu trik yang sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh.

Memang banyak hal yang membuat mobil itu ngelitik, salah satunya adalah kurangnya nilai oktan dari bahan bakar yang digunakan. Sebagai informasi, nilai oktan untuk premium adalah 88, pertalite 90, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Data itu baru “katanya”, toh kita ga lihat hasil labnya kan. Tinggal sekarang kita lihat Avanza dan Xenia itu perlunya oktan berapaContinue reading

Touring Honda PCX Jadi Lebih Mengasyikan

Anda pemilik Honda PCX dan senang touring? Berikut sedikit aksesoris khusus anda pemilik motor Honda PCX, terutama yang hobby touring jarak jauh.

1. Spion Pulsar 200NS

spion-ns-big
Spion ini original Varroc India khusus untuk motor Pulsar 200NS. Tapi karena kualitasnya mantap, akhirnya berbagai jenis motor telah menggunakannya untuk meningkatkan kegunaan dari spion itu sendiri atau untuk tampilan motor yang lebih cantik. Berikut kelebihan spion Pulsar 200NS ini:

  • Wujud spion OK, mampu untuk mendongkrak tampilah motor menjadi lebih macho.
  • Material plastik standar OEM dengan finishing glossy, batang spion tertutup full oleh karet yang flexible.
  • Konstruksi sambungan (Joint) spion didesain untuk penggunaan jangka panjang, sering setting spion pun dijamin tidak kendor
  • Terdapat lobang ventilasi agar saat cuaca panas kaca tetap paten berada pada batoknya
  • Kaca spion terlihat lebih jernih dengan standar OEM dan hasil pantulan sinar cahaya nya tidak bias / berantakan
  • Kaca spion fisiknya lebih cembung dan object akan terlihat sedikit lebih jauh sesuai dengan standar internasional OEM (tidak rata seperti kaca biasa dengan object yang terlihat dekat)
  • Harga murah meriah Rp. 100.000,- saja, di luaran bisa sampai 200rb. catatan: Putaran spion mengikuti motor yamaha (Spion kanan putar ke kiri dan spion kiri putar ke kanan). Jadi untuk motor PCX perlu tambahan sambungan spion, biasanya di bengkel2 banyak dengan harga sekitar 5rb rupah.

Continue reading

Kampas Rem Elig untuk Toyota Avanza, Rush, Daihatsu Xenia, Terios, Taruna dan Suzuki APV

Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya produk kampas rem Elig untuk Toyota Avanza, Rush, Daihatsu Xenia, Terios, Taruna dan Suzuki APV telah beredar kembali di pasaran.

Dulu produk Elig di kalangan roda empat sempat menjadi primadona, karena produk Elig memiliki kualitas dan performa di atas OEM/Ori, hanya saja brand besar Elig pada awal masuk ke Indonesia hanya diwakili oleh importir umum, tak heran produk kampas rem Elig untuk mobil pun sempat menghilang di pasaran walaupun masih banyak pengguna yang antusias dengan kehadiran produk kampas rem elig dipasar otomotif mancanegara beberapa waktu silam.

Saat ini, Elig sendiri sudah resmi menancapkan kuku nya di Indonesia, dengan menunjuk Elig Indonesia sebagai perwakilan dari Elig di Taiwan, jadi produk Elig akan segera ikut kembali meramaikan pasar otomotif di tanah air.Continue reading