buka aplikasi bukalapak

Belanja Online Aman? Ya di Bukalapak

Belanja online? Hmmm sempat kecewa apabila inget cerita sekitar tahun 2009. Saat itu saya ngebet banget dengan Sony Xperia X10. Lihat bentuknya yang ramping, kamera gede, namanya yang bagus, pokonya melekat deh di hati. Hanya sayang, waktu itu belum masuk ke Indonesia. Cuma saya fikir kan sekarang sudah jaman online, kenapa tidak cari di Internet? Akhirnya mulailah mencarinya dan ternyata di sebuah situs jual beli online ada orang Riau yang menawarkan Xperia X10 tersebut dengan harga yang cukup miring. Kalau ga salah sih harga saat itu hampir 10jt, nah dia cuma bandrol harga 2,5jt, katanya barang dapat dari batam, bantuin bapaknya. Akhirnya saya telpon dan transfer 2,5jt untuk pembelian 1 unit. Orang ini janji kirim malamnya, tapi ditunggu-tunggu ko ga ada juga, saya akhirnya telpon dia lagi, dan katanya minimal pembelian harus 2 unit, jadi sebelum barang dikirim, dia minta saya transfer lagi 2,5jt untuk unit ke2. Mendengar hal tadi, saya mulai was-was kalau mungkin ini penipuan. Saya bersikeras untuk meminta barang dikirim 1 saja, kalau tidak, uang yang 2,5jt tolong dikembalikan lagi. Tapi dia malah tutup telpon dan ga bisa dihubungi lagi. Akhirnya sadar 100% kalau saya sudah tertipu. Pengalaman berharga untuk belanja online pertama saya.

Sempat trauma belanja online di internet karena kasus di atas, hanya ada saja kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi secara offline, apakah karena barang tidak tersedia di tempat saya, males untuk mencari ke sudut-sudut kota atau karena harga yang lumayan mahal, maka baliknya selalu nyari di internet lagi. Sekitar 2 tahun lalu, anak ke2 saya sedang nakal-nakalnya. Usia dia saat itu 2 tahun dan kerjaannya buka-buka kulkas terus dan membongkar isinya hingga tercecer kemana-mana. Sempet berfikir, apa yang bisa jadi kunci buat kulkas ya. Akhirnya coba lihat di internet dan ternyata ada pengaman kulkas dengan bentuk yang unik dan yang jual adalah situs bukalapak.

Sempet antisipasi dulu jangan sampai tertipu lagi. Setelah beberapa lama mempelajari bukalapak ini, akhirnya buat akun dan belanja pertama kali di bukalapak pada tanggal 02 Juni 2013. Barang yang dibeli adalah 2 buah pengaman kunci kulkas dengan harga total Rp. 44.511. Dan ternyata ga butuh waktu lama, tanggal 05 Juni 2015 barang sudah sampai dengan selamat. Kembali ke bukalapak dan saya konfirmasi kalau barang sudah diterima dan saya kasih feedback positif untuk pelapaknya. Ini pengalaman 2,5 tahun lalu lho, tapi bisa saya ungkapkan dengan data yang tepat, soalnya semua tercatat rapi di akun bukalapak saya. Nih screenshootnya saya capture di bawah ya:

belanja aman di bukalapak

Sejak pertama sukses belanja di bukalapak, akhirnya untuk banyak keperluan belanja, saya percayakan pada bukalapak, terutama untuk barang-barang yang sifatnya unik, untuk mencari harga termurah, termasuk untuk mencari barang yang kemudian bisa dijual kembali. Belakangan saya tahu bahwa ternyata banyak juga marketplace sejenis bukalapak ini, cuma ga ada yang sesimple bukalapak, lagian pengalaman pertamanya ada di bukalapak sih, jadi enggan untuk mencoba berbelanja di tempat lain. Selain kadang ribet, di tempat lain juga keamanannya masih dipertanyakan, dan saya sendiri ga mau dong tertipu untuk yang kedua kalinya.

[youtube id=”W1WyeIYn32o” width=”560″ height=”340″ position=”center”]

Penggunaan perangkat mobile untuk akses internet semakin banyak di tahun-tahun berikutnya. Hal ini diantisipasi dengan tepat oleh bukalapak. Wajarlah, yang punya emang orang yang ngerti dan ahli di bidangnya. Maka sekitar Maret 2014, bukalapak meluncurkan aplikasi mobile bukalapak untuk perangkat Android. Saat itu demam android juga sedang mewabah dikalangan pengguna smartphone, maka penggunaan aplikasi bukalapak mobile ini langsung mendapatkan respon yang sangat baik. Hanya perlu waktu 1-2 bulan saja kunjungan dari mobile ini sudah lebih dari kunjungan via PC untuk mengakses bukalapak.com. Dengan adanya aplikasi ini, berbelanja online pun semakin mudah. Modalnya bener-bener cuma jari, atau cuma telunjuk saja sekarang untuk geser-geser layar dan klik-klik di barang yang kita pilih. Oya, selain jari, ada lagi modal belanja kita, yaitu uangnya tentu saja hehe…

Bagi anda yang penasaran dengan aplikasi mobile bukalapak ini, silakan unduh dengan gratis di aplikasi store masing-masing, atau klik di link download Android dan link download iOS. Setelah didownload, tinggal buka saja dan siap untuk digunakan. Karena saya pengguna android, maka saya akan coba jelaskan fitur-fitur menarik yang ada di aplikasi bukalapak untuk android. Sementara untuk yang iOS, saya rasa sama saja sih, bisa dipraktekkan sendiri-sendiri.

Berikut gambar proses download aplikasi:
download aplikasi bukalapak
setelah selesai, klik saja “BUKA”:
buka aplikasi bukalapak
maka tampilan depannya akan seperti ini:
tampilan aplikasi bukalapak
misalnya kita coba cari kata kunci “Penghemat BBM”, dan salah satunya muncul seperti gambar di bawah:
belanja produk di bukalapak

perhatikan gambar di atas, setidaknya ada 4 hal yang bisa menjadi pertimbangan kita dalam menemukan barang terbaik yang akan kita beli, yaitu:

  1. perhatikan statistik barang, yaitu stok, terjual, peminat dan jumlah dilihat. Dari statistik itu, kita bisa melihat populer tidaknya produk ini
  2. perhatikan detail dari penjual, yaitu level, kota asal, dan besarnya feedback.
  3. kalau diklik link “sejenis”, maka kita akan melihat barang yang relatif sama dengan yang kita cari. Jelas ini memudahkan kita untuk menemukan barang yang lebih berkulitas dengan harga yang lebih murah.
  4. estimasi, yaitu perkiraan lamanya barang akan sampai di tempat kita.

Kalau kita ingin menanyakan sesuatu, klik saja “kirim pesan”, atau kalau sudah yakin, klik saja “BELI”, produk sejenisnanti akan muncul gambar berikut:

beli produk bukalapak
begitu diklik “bayar transaksi ini”, maka dengan serta merta akan dikirimkan email yang berisi rincian yang harus kita bayarkan, termasuk nomor rekening.

Sebagai penutup, mengapa harus belanja di bukalapak.com? Berikut beberapa keuntungannya:

  1. Aman, karena menggunakan bukadompet (rekening bersama)
  2. Penjualnya banyak, kita bisa melihat barang berkualitas dengan harga yang paling murah
  3. Garansi 100% uang kembali jika barang yang diterima tidak sesuai deskripsinya.
  4. Sistem yang canggih dan otomatis, namun tetap ada tim customer servicenya
Posted in Serba Serbi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *